Subscribe Us

KATA TERSIER, CARA MUDAH LEPAS TANGGUNG JAWAB


#Popro (Pojok Propagandis)


Vivisualiterasi.com- Kata kebutuhan 'Tersier' pada kebutuhan primer adalah cara mudah untuk melepaskan tanggung jawab pokok, sehingga orang-orang akan menilai kalau pendidikan tinggi adalah barang mewah yang tidak perlu dikejar karena yang penting sudah memenuhi wajib belajar yakni, pendidikan 9 tahun.

Hal ini tentu membuat publik kecewa, dilihat dari manapun, pernyataan tersebut adalah bentuk pembelaan penguasa terhadap kewajibannya yang sudah diusung 79 tahun yang lalu untuk 'mencerdaskan kehidupan bangsa'. Faktanya dengan wajib belajar 9 tahun ini, Indonesia belum mampu menciptakan SDM berkualitas dengan rata-rata IQ 78,49. Artinya SDM kita membutuhkan pendidikan tinggi yang tidak hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang tapi seluruh warga Indonesia. 

Namun, jika dilihat dari sistem kapitalisme yang diterapkan di negeri ini, tidak heran kalau pendidikan tinggi menjadi barang mewah. Maka dari itu, selama sistem yang dipakai adalah kapitalisme, negeri ini hanya akan stuck pada masalah yang sama. (Aubi Atmarini Aiza / Novelis)

Posting Komentar

0 Komentar